astriarimbi

A topnotch WordPress.com site

Sistem Komputer

on September 30, 2013

Apa itu sistem???

 

Sebelum mengetahui apa itu sistem komputer, terlebih dahulu kita bahas mengenai definisi sistem. Sistem itu sendiri merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan dengan tujuan tertentu (pokok sistem). Sehingga sistem komputer merupakan kumpulan elemen yang terdiri dari software, brainware, dan hardware yang berhubungan satu sama lain (terikat) yang membentuk satu kesatuan dengan tujuan untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi.

Dalam penggunaannya, setiap elemen (brainware, software, hardware) sistem komputer tidak dapat berjalan atau beroperasi sendiri, elemen tersebut saling terikat, misalnya jika kita hanya memiliki hardware dan software, sedangkan brainware tidak ada, maka sistem komputer itu sendiri tidak dapat berjalan.

Elemen-elemen sistem komputer:

  1. Hardware, hardware terdiri dari input device, output device, processing device, storage (internal & eksternal), serta  peripheral (unit tambahan). Hardware merupakan komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Contoh hardware antara lain: Motherboard, CPU, RAM, VGA, HDD, PSU, Hub switch, Stavolt, Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Scanner, Speaker, Modem, LAN Card, dll.
  2. Software, perangkat lunak atau software memilki sifat tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Software terdiri atas Operating System (Windows & Linux), Application System (Microsoft Word, Excel, Power Point, Mozilla, dll), Programming Language (Basic, Java, Cobol, Algol, Fortran, Delphi, Eiffel, dll)
  3. Brainware merupakan setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Syarat menjadi elemen barinware: sehat akal, tidak terganggu jiwanya, dalam keadaan sadar, mampu mengoperasikan elemen lainnya.

Penggolongan komputer melalui berbagai sudut pandang:

  1. Berdasarkan data yang diolah, jenis data yang diolah antara lain: Analog Computer (bersifat kontinyu, proses lebih cepat, tapi tidak seakurat digital computer, contohnya alat EKG (Elektro Kardio Grafi), Digital Computer prosesnya lebih lama namun akurat, contohnya komputer penghitung aliran BBM di SPBU, Hybrid Computer merupakan gabungan analog computer dan digital computer, contohnya CT Scan.
  2. Berdasarkan penggunaan di bagi menjadi 2, yaitu special purpose dan general purpose. Special purpose umumnya menggunakan komputer analog, contohnya kalkulator, GPS, dll. General purpose umumnya menggunakan komputer digital contohnya PC.
  3. Berdasarkan ukuran, komputer dibagi menjadi 6, antara lain: mikro, mini, small, medium, large, dan super. Untuk ukuran mikro, mini, dan small masuk golongan PC (personal Computer), sedangkan ukuran medium, large, dan super masuk golongan gabungan PC, contohnya server internet.
  4. Berdasarkan generasi, komputer dibagi menjadi 5, antara lain generasi I (1940-1959), generasi II (1959-1964), generasi III (1964-1970), generasi IV (1970-1990), dan generasi V (1990-sekarang).


Leave a comment