Cara mudah membuat mail merge adalah dengan menuliskan daftar nama orang yang akan kita undang pada Microsoft Excel. Misalkan kita ingin mengundang teman sekelas kita dalam acara ulang tahun. Kita dapat membuat kolom NIM dan kolom nama pada Microsoft Excel, seperti gambar di bawah ini:
Jika pada kolom NIM muncul tampilan seperti ini
Maka klik kanan pada kolom NIM kemudian pilih Format Cell, lalu ubah general menjadi number.
Kemudian kita dapat membuat undangannya pada Microsoft Word, seperti
Jika sudah selesai membuat undangannya, selanjutnya klik Mailings kemudian klik Star Mail Mergepilih Normal Word Document.
Langkah selanjutnya klik Select Recipients, pilih Use Existing List
Kemudian pilih dokumen excel yang telah dibuat, akan muncul tampilan seperti
Pilih Sheet 1 klik OK.
Jika kita ingin mengubah nama yang dituju dapat mengklik
Jika sudah selesai , klik Finish and Merge
Yupp sudah selesai. Selamat mencoba ^__^!
Leave a comment